Discussing, Sharing, and Telling

Wisata Sejarah, Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

16 comments
Tampak depan
Bosan dengan liburan yang itu-itu aja, coba yang baru deh "wisata sejarah". Kita bisa mengetahui bagaimana kehidupan orang-orang yang telah mendahului kita haha Ya, setidaknya kita perlu tau sejarah lah sebagai bentuk penghargaan terhadap orang-orang yang telah, berjuang mati-matian, rela berkorban untuk mempertahankan negara ini, berjasa membangun bangsa ini. :)

Okey kali ini aku bercerita tentang wisata sejarah yang baru baru ini saya kunjungi. :) Tempat yang saya pilih untuk berwisata sejarah adalah Tempat kelahiran Bung Hatta di Kota Bukittinggi.  saya mengabadikan momen wisata ini dengan memotret #istilah apa ini. Ane share deh beberapa foto yang mantep,, tapi gak semua ya haha :) yang lain buat konsumsi pribadi aja. haha
Siapa yang tidak tau dengan Bung Hatta. #kalo gak tau parah banget dah. Dia adalah Mantan Wakil Presiden pertama Negara ini mendamipingi Bapak Soekarno sebagai Presiden. Beliau dilahirkan Di kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada 12 Agstus 1901 #bangga nya sebagai orang minang :)

Hmm, seperti apa ya kediaman seorang Bung Hatta yang telah menjadi saksi orang luar biasa seperti beliau?

Ruang Tamu
Menurut Biografi yang saya baca #juga tertulis di rumah itu perjalanan hidupnya. Beliau pernah belajar ke Belanda loh. wah wah hebat banget ya beliau. Ia juga pernah menjabat sebagai ketua Organisasi Politik "Perhimpunan Indonesia". Semasa ia aktif berorganisasi setelah manamatkan studinya di Belanda, beliau sangat aktif menulis mengenai artikel pilitik dan ekonomi di berbagai majalah terkenal di masa itu... #wah sama kayak gua donk haha,  dari mananya? #plak. Beliau juga sangat berperan aktif dalam proklamasi negara kita ini sahabat blogger #Liat aja tanda tangan beliau di teks proklamasi.


Ruang makan
 Nah, di bidang ekonomi, Bung Hatta diangkat menjadi Bapak Koperasi Indonesia karena besarnya aktivitas beliau dalam gerakan koperasi.Pada tangal 27 Nopember 1956, ia memperoleh gelar kehormatan akademis yaitu Doctor Honoris Causa dalam ilmu hukum dari Universitas Gajah Mada di Yoyakarta #wah sungguh mengagumkan. Begitu banyak prestasi dari Beliau, bahkan Universitas Padjadjaran di Bandung mengukuhkan Bung Hatta sebagai guru besar dalam ilmu politik perekonomian. dan perjuangan Bung Hatta sungguh tidak mudah dalam mencapainya. :)


Tempat tidur Bung Hatta
Akhir Perjalanan hidup seorang Bung Hatta, Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia ini wafat pada tanggal 14 Maret 1980 di Rumah Sakit Dr Tjipto Mangunkusumo, Jakarta, pada usia 77 tahun dan dikebumikan di TPU Tanah Kusir pada tanggal 15 Maret 1980. Rumah beliau beralamat jalan Soekarno Hatta no 37 Bukittinggi #gak jauh kok dari "Jam Gadang" tau kan? Kalo yang pernah ke Bukittinggi pasti tau tuh hoho. Rumah tersebut telah sedikit direnovasi oleh pemerintah setempat. #gak pa2 kan bukti sejarah dirawat.  untuk ke sini kita hanya perlu menyumbangkan uang "alakadarnya" gak mahal2 kok.

Ruang Keluarga (lantai 2)
Pada rumah yang tampak sederhana bertingkat 2 tapi menyimpan banyak sejarah ini terdapat beberapa ruangan diantaranya Kamar tidur, dapur, wc, lumbung padi, ruang makan dan ruang keluarga. Rumah ini tampak begitu terawat dan bersih. :) #mantep dah pemda disini. :) Di sepanjang dinding rumah ini terdapat foto-foto beliau dan keluarganya. Terdapat pula teks proklamasi yang ditulis oleh Bung Hatta serta peninggalan-peninggalan yang bernilai sejarah.
Terus apa gunanya wisata sejarah ini? Kalau melihat dari Prestasi seorang Bung Hatta, kita sebagai generasi muda penerus bangsa patut mencontohnya. Sedikit informasi nih, Kota Bukittinggi ini sempat menjadi ibukota Negara dan pada saat itu, Bung Hatta termasuk orang yang mempertahankan ibukota negara :) Sebagai generasi penerus bangsa, kita juga sepatutnya mempelajari dan tahu bagaimana orang-orang sebelum kita membangun negara. Dan apa yang kita lakukan saat ini juga akan menjadi sejarah untuk anak-anak dan cucu-cucu kita nanti hehe :)
Sebelum aku tutup, aku mau ngasih foto-foto lainnya, gak pa2 kan kaka :D

kapan-kapan main ke sini ya..
Text Proklamasi
ane kasih foto ane deh haha
huahhauaa. cukup sekian dulu deh postingan ane, semoga bermanfaat dah.. terimakasih udah berkunjung :) Sebelum blog ini ditutup, jangan lupa tinggalkan komentar ya ;)

16 comments :

  1. wuihhh keren, kapan2 mampir deh....
    masuknya ngga boleh pake alas kaki ya?

    ReplyDelete
  2. @sabda awalahaha, iya lah gan namanya aja masuk rumah mana boleh pake alas kaki.. :)

    ReplyDelete
  3. Waaah, kayaknya asik ya berkunjung ke sini.
    Mudah2an ada kesempatan buat saya :)

    Ops, blognya anak UA ya?
    Salam kenal Ulil :)

    ReplyDelete
  4. @Sri Efriyanti Az-zahra HarahapYap Sri. salam kenal. ayo kapan-kapan ke sini.. :)

    anak UA, ah itu hanya istilah kok :)

    ReplyDelete
  5. Kemarin pas di Bukittinggi kok gak di ajak kesana? Owh God Why... Iri... Pengen juga kesana... Pengen lihat teks proklamasi... Pengen tidur dikamar Bung hatta... (Salah Fokus)

    Nice info lil :)
    Kemarin pergi bareng siapa itu? Bareng Gita?
    *Pensaran Level Dewa*

    ReplyDelete
  6. mau kesana juga lil :3
    jauh gak dari jam gadang? #eh

    ReplyDelete
  7. @Just Nanda...wa,, lupa2 nda. :D
    wah, disana kursi nya aja gak boleh didudukin apalagi tempat tidurnya.

    wah.. sampe penasara segitunya..
    #bareng teman nanda :(

    ReplyDelete
  8. @Vivi Mulyahaha kapan2 singgah ke sini vivi.
    hm, gak jauh kok. :D

    ReplyDelete
  9. kyaaaa... suasana jaman dulu banget...
    Bagus -__-

    ReplyDelete
  10. @Laini Laituiya, kan udah berapa tahun. :)
    cuma ada perbaikan sedikit lah..

    ReplyDelete
  11. wahhh bener tuh, kalo liburan ke MALL udah bosen sob,, MALL mah sma aja..

    kalo yang ini baru seru, selain jalan2 kta juga tahu bukti sejarah :)

    ReplyDelete
  12. wow..., sesuatu yg berbeda sekali..

    ReplyDelete
  13. @Bang Dayatiya. haha ngabisin duit malah ke mall :D

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete