Discussing, Sharing, and Telling

Seputar Lebaran ^^

6 comments
Alhamdulillah sekarang udah ngerayain hari kemenangan yang udah 1 bulan penuh melaksanakan ibadah puasa.. Bagaimana sobat Cerita ulil sekalian? Udah tercapai apa belon nih semua target yang dipasang waktu awal puasa dulu..? Udah bener-bener jadi pemenang gak? Mudah-mudahan aja ya, Ulil doain.. Amiiinnn....

 ... .....
...  
  Lebaran ...  
... 
Sebenarnya apa sih arti sebenarnya dari lebaran? Kalo menurut kamus besar bahasa Indonesia sih artinya Hari raya umat islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai melaksanakan ibadah puasa selama Ramadhan. Tapi, kalo kita liat arti tiap katanya, lebaran terbentuk dari 1 kata dasar yang diberi imbuhan -an. Ehm, Udah belajar bahasa kan yah. Yap, kata itu diantaranya lebar + an. Nah, kalo diartikan lebar itu dapat diartikan besar yang diambil dari kata besar (Besar = Raya), Nah jadi awalnya adalah hari raya. #just pendapat.

 ...  ...  
Malam Takbiran  
...  

Salah satu kebiasaan yang sering kita laksanain nih, yaitu malam takbiran menyambut 1 Syawal. Berbagai macam kegiatan dilakukan oleh umat Islam. Alhamdulillah kalo nyambutnya bareng keluarga, berkumpul bersama di rumah, terus ada juga yang bertakbir sepanjang jalan #paling gue suka untuk menyambut hari Raya. Intinya malam takbiran itu untuk memeriahkan pertanda kita bahagia menyambut hari kemenangan. Di moment itu kita juga bisa instrospeksi diri, mengkaji-kaji lagi apa yang udah kita lakuin selama umur kita hidup.. Tapi mah sekarang udah pada ngawur acara malam takbirannya, cuma buang-buang waktu kalo ane bilang, bakar-bakar kembang api, ngumpul gak jelas yah kita sama-sama tau lah. ^^ ... ...      

Baju Baru ...    
   

Kalo udah mau lebaran, Mall, pasar, pertokoan pada ramai. Orang pada sibuk mempersiapkan baju baru buat kostumnya di hari kemenangan.. Mungkin terhipnotis lagu ginian nih, 
baju baru , Alhamdulillah tuk dipakai di hari Raya. Tak ada pun tak apa-apa masih ada baju yang lama 
dari lagu itu aja kita dapet simpulin kalo Tahun kemaren aja dia beli baju baru. hoho Nah, sobat blog ulil gimana? Tahun ini pada beli berapa pasang nih buat lebaran? jangan sampai ketinggalan, Lho? Apapun itu lah mau baju baru apa nggak, Lebaran mah tergantung hati kita apa udah bersih apa belum.. Kalo hati masih gak bersih, se baru-baru pun baju yang kita kenakan, tetep aja Allah nilainya hati kita,, CMIIW
...  
...
Shalat I'ed ..
 .  

Rasanya percuma saja kalo kita ngerayain lebaran tanpa ngikut Shalat I'ed *kecuali cewek ni yah. Memang hukumnya adalah sunnah. Tapi bakal gak kerasa deh Lebarannya. Ibaratnya gak afdol.. Banyak pendapat sih mengenai hukum dari melaksanakan shalat I'ed ini. Ada yang mengatakan sunnah, ada yang mengatakan fardhu kifayah dan ada pula yang fardhua'in. Kalo gitu mah kembali ke diri kita mau yakin kepada pendapat yang mana..

  ...  ...
Silahturrahmi ...  
 

Hari ini banyak banget sms yang gue terima dari teman-teman dan sahabat. Isinya sama dan sangat identik, "mohon maaf lahir bathinnnn, terus dibawahnya dikasih nama bahkan ditambah 'dan keluarga'.." Saya pikir teman-teman udah pada berkeluarga haha. Hmm, terus gue mikir dah tu, masa orang lain aja yang ngucapin, dengan hati yang senang, gue sms dah tu teman-teman semua buat ngucapin kata-kata yang sama hehe.. Boleh-boleh aja sih pake sms. Tapi kan lebih afdol pake jabat tangan. Ngomong-ngomong soal jabat tangan dan minta maaf. Sudah kah kita salami dan meminta maaf kepada ke dua orang kita?? Hayooooo.. 
Bersilahturrahmi ini palingan acaranya menyambung lagi komunikasi dengan orang lain, setelah sama-sama sibuk terus yang gak lupa nycipin makanan hehe ... ...    

 
Makanan Khas Lebaran ...  
   

Setelah menahan lapar dan haus selama siang hari di Bulan Ramadhan tentu menjadi faktor penting seseorang dalam makan yang lebih banyak lagi di Lebaran ini, #jangan sampe kebanyakan yah sobat ntar begah loh.. Kalo biasanya orang Indonesia makanan default ketika berpuasanya sih lontong sayut ato opor ayam. Jarang banget orang gak buat tu makanan, paling gak dibeli lah hehe. Selain itu sih, Keluarga gue bikin makanan ter-enak nomor 1, mau tau? Yap, rendang selalau dibuat keluarga gue kalo lebaran. ^^
Okey, gak panjang-panjang deh postingan kali ini, ntar sobat jadi males bacanya hehe. Sekali lagi selamat Lebaran.. ^^ ...
FYI :  Kita sering mendengar dan mengucapkan kalimat : "minal aizin walfai...." ketika udah mau minta maaf. Tulisan sebenarnya dari kalimat itu adalah  "minal a'idin wal faizin" yang artinya "bagian dari orang-orang yang kembali dan orang -orang yang menang". Nah, seharusnya juga kita tambahkan sebelumnya kata "Jaa'lanallaahu" yang artiyna "Semoga Allah menjadikan  kita". Maka, jelaslah disana tidak ada kesamaan arti dengan mohon maaf lahir bathin. jadi jangan salah diartikan CMIIW.. baca selengkapnya di sini....


Sumber Gambar :  
fajarf.files.wordpress.com
harisahmad.wordpress.com 
beritakawanua.com
nasiliwetinstan.net   
pontianak.tribunnews.com
jarijaritangan.wordpress.com

6 comments :

  1. Sebenarnya ada beberapa hal yang gak enak...
    Misalkan pas tuslah kita pulkam, biaya jadi gede...
    balik lagi pas tuslah, harga tiket masih "Masya Allah"...
    Terus karena udah 1 bulan gak makan siang, sekarang pas makan siang, ada sedikit masalah terjadi diperut, terus operator gak ngasih SMS gratisan... dan banyak lagi deh...

    But its so fun when Idul Fitri... :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mohon maaf lahir dn batin ya :)
    http://i1240.photobucket.com/albums/gg483/viwviw/ketupat-3.jpg

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    ketika akhir Ramadhan berlalu berganti fajar Syawal, izinkanlah saya mengucapkan salam dan doa,
    Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
    Semoga ALLAH menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan ,
    dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
    SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA KEMENANGAN IDUL FITRI,
    bila ada salah dan khilaf selama ini, baik yang disengaja atau tidak disengaja, mohon dimaafkan lahir dan bathin,
    salam hangat dari Makassar
    Wassalam

    ReplyDelete
  5. @viwviwsama2 viwviw ^^, BTW nice picture.. ada nama ku hhhaa

    ReplyDelete